Selasa, 18 Oktober 2022

SOLUSI CETAKAN APLIKASI SAKTI MODUL ASET TETAP TIDAK BISA DI PRINT (ADOBE READER BERMASALAH)

 

Berdasarkan pengalaman pribadi, pernah terjadi trouble pada aplikasi SAKTI Modul Aset Tetap, dimana hasil cetakan dari aplikasi SAKTI Modul Aset Tetap tersebut tidak dapat di print. Setelah diutak atik dan dicoba sana sini, alhamdulillah hasil cetakan tersebut dapat di print. Berikut saya bagikan tips dan cara mengatasi hasil cetakan aplikasi SAKTI Modul Aset Tetap yang tidak bisa di print;

SOLUSI 1 (PERBAIKAN SOFTWARE ADOBE READER)

Lakukan perbaikan software adobe reader dengan mengikuti langkah langkah berikut;

1.  Pertama periksa sambungan atau koneksi Printer anda baik yang menggunakan koneksi USB maupun koneksi Wifi.

2.  Setelah dipastikan koneksi Printer tersebut, silahkan buka file PDF yang ingin diprint (umumnya file cetakan aplikasi SAKTI akan terdownload otomatis ketika kita buka/unduh di SAKTI pada folder “Downloads” di computer)

3.  Setelah dibuka munggunakan aplikasi “Adobe Reader” seperti biasa, klik menu “Help” (Kanan atas,setelah “file,edit,view,windows”)

4.     Pilih opsi “Repair Adobe Reader Instalation”

5.   Ikuti urutan instalsi software dengan klik tombol “Next” sampai dengan selesai, dan diakhiri dengan mengklik tombol “Finish”

6.    Terakhir “Restart” computer/notebook

 

SOLUSI 2 (UPDATE SOFTWARE PRINTER)

Lakukan update software printer yang anda gunakan dengan mengikuti langkah langkah berikut;

1.  Pertama periksa sambungan atau koneksi Printer anda baik yang menggunakan koneksi USB maupun koneksi Wifi.

2.   Selanjutnya periksa notifikasi update software pinter anda dengan mengecek di sudut bawah kiri pada computer/notebook anda (pada kasus yang saya temui notifikasi berupa “Software Update Notification”), jika ada notifikasi tersebut silahkan klik kanan dan open

3.  Lanjut, pilih software printer yang akan anda update (terutama printer yang biasa digunakan untuk mencetak laporan SAKTI)

4.   Ikuti urutan instalsi software dengan klik tombol “Next” sampai dengan selesai, dan diakhiri dengan mengklik tombol “Finish”

5.     Lakukan kembali tahapan pada SOLUSI 1

6.    Terakhir “Restart” computer/notebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar